PRESTASI BELAJAR

 


A.   Pengertian Belajar

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, secara estimologis, belajar memiliki arti berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Definisi ini memiliki pengertian bahwa belajar adalah kegiatan untuk mencapai kepandaian atau ilmu. Sehingga dengan balajar itu manusia menjadi tahu, memahami, mengerti, dapat melaksanakan dan memiliki tentang sesuatu.

Belajar merupakan proses manusia untuk mencapai berbagai macam kompetensi, ketrampilan dan sikap. Kemampuan manusia untuk belajar merupakan karakteristik penting yang membedakan manusia dengan makhluk  hidup lainnya. Belajar mempunyai keuntungan, baik bagi  individu maupun bagi masyarakat. Bagi individu, kemampuan belajar secara terus menerus akan memberikan konstribusi terhadap pengembangan kwalitas hidupnya, sedangkan bagi masyarakat, belajar mempunyai peran penting dalam mentransmisikan budaya dan  pengetahuan dari  generasi  ke generasi.  

A.    Pengertian Prestasi Belajar

Prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan, baik secara individual maupun secara kelompok. Prestasi tidak akan pernah dihasilkan selama seseorang tidak melakukan kegiatan.

Prestasi belajar dibidang pendidikan adalah hasil dari pengukuran terhadap siswa yang meliputi faktor kognitif, afektif  dan psikomotik setelah mengikuti proses pembelajaran yang diukur dengan instrumen tes atau instrumen yang relevan.

 

B.     Faktor yang mempengaruhi Prestasi Belajar

1.      Faktor Internal

Yaitu faktor yang berasal dari dalam diri individu itu sendiri;

a.       Kecerdesan yaitu kemampuan belajar yang disertai kecakapan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan.

b.      Faktor Jasmani dan Fisiologis (kesempurnaan anggota tubuh dan rohani / mentalnya)

c.       Sikap; sikap positif ( menerima ) atau sikap negatif ( menolak )

d.      Motivasi, yaitu segala sesuatu yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu.

e.       Bakat yaitu kemampuan potensial yang dimiliki seseorang untuk mencapai keberhasilan

f.       Minat (suatu kecenderungan untuk selalu memperhatikan dan mengingat sesuatu secara terus menerus)

 

2.      Faktor Eksternal, yaitu faktor yang berasal dari luar diri peserta didik. Meliputi Faktor Keluarga, Lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

a.       Faktor Keluarga.

Keluarga merupakan lembaga pendidikan yang pertama dan utama bagi anak. Orang tua hendaknya menyadari bahwa pendidikan dimulai dari keluarga. Lembaga pendidikan formal maupun non formal memerlukan kerjasama dengan keluarga. Orang tua harus serius didalam mendampingi anak saat belajar, mengatur waktu belajar anak secara disiplin. Perhatian orang tua sangat penting, sehingga akan meningkatkan motivasi anak dalam belajar untuk mencapai prestasi. 

b.      Lingkungan Sekolah.

Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal pertama yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan anak mencapai prestasi belajar. Sedangkan disekolah sendiri juga ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, diantaranya hubungan guru dengan peserta didik, hubungan peserta didik dengan teman-temannya, sarana prasarana dan lain sebagainya.

c.       Lingkungan Masyarakat.

Lingkungan masyarakat juga merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap prestasi peserta didik, pergaulan dengan teman-teman dilingkungannya, bahkan teman yang dimaksud disini tidak hanya teman sebaya tapi juga teman beda usia, beda karakter karena beda keluarga

 

 

0 Response to "PRESTASI BELAJAR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Promosi

loading...

Iklan Tengah Artikel 2